Asal Tari Indang

1 min read

asal tari indang

Asal Tari Indang – Indonesia merupakan negara komplit yang kaya akan keindahan alamnya, sukunya, bahasanya bahkan hingga keindahan kebudayaannya. Banyak kebudayaan Indonesia yang bisa kita pelajari salah satunya tarian daerahnya. 

Walaupun pada zaman kini budaya barat lebih diminati masyarakat milenial tetapi kebudayaan tari daerah masih banyak juga yang melestarikannya.

Salah satunya adalah tari Indang. Tari Indang merupakan tarian bernuansa islami yang memiliki gerakan yang unik. Lantas dari manakah asal tari Indang ini? Bagaimana sejarah tari Indang diciptakan?

Kupas rasa penasaranmu dengan membaca penjelasan dibawah ini. 

Dari Manakah Asal Tari Indang?

asal tari indang
Sumber: wikimedia.org

Tanah Padang adalah asal muasal tari Indang ini diciptakan. Tepatnya adalah Kabupaten Padang, Sumatera Barat. Tempat dimana masyarakat suku Minang tinggal disana. 

Tarian ini merupakan akulturasi dari budaya Islam Aceh dan kebudayaan Minangkabau. 

Tari Indang adalah tari tradisional yang berasal dari Sumatera Barat, tepatnya Minangkabau. Tarian ini juga memiliki nama lain yakni tari Dindin Badinding.

Gerakan tarian ini dimainkan secara duduk serta berbaris. Dilengkapi dengan berbagi gerakan tangan terbuka, menepuk, patah-patah dan masih banyak lagi. Jentikkan jari menjadi irama penentu dari tarian ini. Adapun tarian ini memiliki tujuan sebagai sarana untuk mengenalkan agama Islam kepada masyarakat.

Sejarah Tari Indang

asal tari indang
Sumber: youtube.com

Pada sejarahnya asal tari Indang terjadi dari perpaduan budaya Islam dan Minangkabau. Dahulu kala pedagang Arab yang pergi ke barat di Sumatera lalu ke Pariaman menjadi titik awal tarian ini tercipta. Syekh Burhanuddin adalah tokoh pencipta tari Indang pada masa itu.

Pada masa perkembangannya dimulai pada surau-surau ketika anak-anak mengaji.

Mereka mengikuti tarian ini sembari belajar ngaji dan agama Islam. Bahkan, lirik syairnya dibuat seperti shalawat kepada Nabi dan syair-syair ajaran Islam

Syekh Burhanuddin juga pernah mengadakan upacara tabuik yang dilakukan menggunakan alat musik rebana dan gendang kecil. 

Cara memainkannya ditepuk agar menghasilkan irama dan nada yang indah. Gendang Rapai adalah nama dari alat musik tersebut yang berkaitan dengan awal penciptaan tari Indang.

Baca Juga : Asal Tari Jaipong

Kesimpulan

Nah, itulah tadi asal tari Indang diciptakan lengkap bersama sejarahnya. Memang banyak juga percampuran budaya asing yang berkolaborasi dengan budaya lokal.

Tujuannya agar menghasilkan tari tradisional yang unik dan menarik seperti tari Indang ini.

Terimakasih telah membaca artikel ini dengan selesai, semoga Anda mendapatkan banyak ilmu dan manfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Properti Tari Kecak

wanto nulis
2 min read

Properti Tari Gantar

wanto nulis
3 min read

Properti Tari Tor Tor

wanto nulis
2 min read