Properti Tari Jaipong

2 min read

properti tari jaipong

Properti Tari Jaipong – Hai guys, jika membahas tentang tanah sunda tentu tidak lepas dari kesenian Tari Jaipong. Tari Jaipong adalah salah satu jenis tarian tradisional dari Jawa Barat.

Di dataran Eropa bahkan dunia sudah banyak mengenal tarian khas jawa Barat ini . Nah, dalam pementasan tari Jaipong tentunya banyak sekali beberapa macam hal properti yang bisa membantu tari Jaipong tampil sempurna.

Harta Karun Tari Jaipong adalah perlengkapan dan perlengkapan yang berfungsi untuk memberikan ciri dan ciri khas tari.

Nah, untuk penjelasan fungsi dan jenis properti, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Fungsi Properti Tari Jaipong

properti tari jaipong
Sumber: tegaraya.com

 

Sebelum membahas macam-macam properti, alangkah baiknya mengetahui fungsi dari penggunaan properti tersebut. Beberapa fungsinya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai pelengkap pertunjukan tari Jaipong
  • Agar terlihat menarik dan memeriahkan suasana
  • Agar tidak meninggalkan nilai budaya sunda
  • Menjadi ciri dan ciri khas tari Jaipong
  • Untuk memudahkan penari dalam menyampaikan isi dan makna tari Jaipong

Apa Properti Tari Jaipong?

Sumber: bandungklik.com

Pada umumnya properti tari jaipong dari jawa barat biasanya menggunakan Sampur khas Sunda. Sama seperti tarian tradisional lainnya, pertunjukan tari Jaipong juga membutuhkan beberapa properti penting.

Properti tari Jaipong adalah sebuah perlengkapan dan kostum yang menggambarkan ciri khas dari tarian tersebut. Ada beberapa macam properti yaitu sampur, apok dan sinjang. Untuk penjelasan lebih lengkap, baca baik-baik di bawah ini:

1. Sampur

Sumber: tokopedia.co.id

Harta yang pertama adalah sampur. Sampur adalah kain panjang berupa selendang yang dikenakan penari di leher.

Selendang adalah sebutan untuk sampur dalam bahasa Jawa. Tidak hanya untuk tari jaipong, sampur atau selendang banyak digunakan dalam tarian tradisional Jawa lainnya.

Sampur adalah properti utama dalam tari Jaipong. Buktinya, ketika kita melihat pertunjukan tari jaipong, para penarinya selalu memakai sampur saat melakukan gerakan tari jaipong.

Saat sampur mulai dimainkan, disitulah ciri dan keindahan tari Jaipong muncul

2. Apok

properti tari jaipong
Sumber: tokopedia.co.id

Properti berikutnya adalah apak. Apok adalah bagian atas dari pakaian atau kostum yang dikenakan oleh penari. Pada umumnya apok memiliki kancing-kancing yang dihias dengan sulaman bunga di beberapa sudut kostumnya.

Selain itu, jika diperhatikan lebih dekat, apok memiliki kemiripan dengan baju kebaya. Warna yang menonjol merupakan ciri khas apok. Umumnya warnanya merah, biru cerah dan kuning.

3. Sinjang

properti tari jaipong
Sumber: shopee.co.id

Properti terakhir adalah sinjang. Sinjang adalah kain panjang yang bentuknya seperti celana panjang. Sinjang dipakai dengan cara diikat dari pinggang sampai kaki.

Namun, lambat laun sinjang mulai tidak digunakan lagi. Penari jaipong saat ini menggunakan kostum yang lebih variatif dan variatif.

Nah, sekarang jika ada pertanyaan sebutkan tiga properti tari jaipong tentunya sudah bisa menjawab bukan?? Yuk, lanjut ke beberapa macam alat musik khas sunda.

Biasanya bentuknya berupa daster yang tidak jauh berbeda dengan sinjang. Sinjang adalah salah satu properti tari Jaipong yang ditinggalkan.

Namun, jangan lupakan sinjang sebagai salah satu properti tari jaipong yang paling populer pada masanya.

Alat Musik Iringan Properti Tari Jaipong

alat musik pengiring tari jaipong
Sumber: lezgetreal.com

Terlepas dari beberapa ciri tari Jaipong, tentunya tidak lengkap jika tidak membahas alat musik yang mengiringi tari Jaipong.

Alat musik pengiring merupakan hal yang menjadi media yang meramaikan suasana pertunjukan tari.

Apa yang terjadi jika pertunjukan tari tidak memiliki musik pengiring? Pasti garing kan?

Maka dari itu, kehadiran musik pengiring sangatlah penting. Berikut macam-macam alat musik pengiring tari Jaipong selengkapnya di bawah ini.

1. Drum

Gendang merupakan alat musik khas Jawa Barat yang biasanya sering digunakan dalam acara-acara adat, salah satunya adalah pengiring tari Jaipong.

Cara memainkan drum adalah dipukul. Gendang biasanya merupakan alat yang mengatur tempo musik, bisa cepat atau lambat. Hal ini membuat penonton terbawa oleh irama untuk menikmati tarian Jaipong

2. Gong

Alat musik selanjutnya adalah gong. Gong adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul dengan pemukul. Bunyi gong yang dipukul biasanya menimbulkan dentuman yang sangat keras. Gong biasanya digunakan untuk menandai pembukaan pertunjukan tari jaipong

3. Rebab

Rebab adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik. Berbeda dengan gitar rebab, hanya memiliki tiga senar. Rebab merupakan alat musik pendukung pengiring musik tari Jaipong.

4. Kecapi Sunda

Tidak banyak orang yang tahu tentang alat ini, alat musik tradisional Sunda yang dimainkan dengan cara dipetik yakni adalah kecapi. Harpa memiliki 18 sampai 20 senar yang memiliki bunyi yang berbeda-beda.

5. Kecrek

Alat musik yang terakhir adalah kecrek. Kecrek adalah sejenis alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan.

Suara yang dihasilkan instrumen ini adalah “krek…krek…krek” yang mampu meramaikan suasana. Kecrek berfungsi sebagai pemberi isyarat dalam iringan musik tari Jaipong.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa penjelasan lengkap tentang beberapa ciri-ciri tari Jaipong lengkap dan alat musik pengiringnya.

Dalam tari Jaipong, perpaduan antara properti, penari dan alat musik menjadi kunci dalam pementasan tarian ini.

Yuk, jangan bosan-bosan mempelajari kesenian daerah di Indonesia, sebagai wujud kebanggaan kita terhadap negara Indonesia tercinta ini. Dan jangan lupa pula share artikel ini agar dapat memberi manfaat buat orang lain yang membacanya.

Properti Tari Kecak

wanto nulis
2 min read

Asal Tari Indang

wanto ngetik
1 min read

Properti Tari Gantar

wanto nulis
3 min read